Kamis, 31 Desember 2015

Family Road Trip to Garut Selatan: Rancabuaya, Cidora, Santolo, Sayangheulang

Mendadak diajak Liburan

Minggu ke 4 terakhir ngajar di bulan Desember dan terakhir ngajar di tahun 2015, mulai banyak murid yang izin gakkan les, mau liburan katanya...hmhmhm...aura liburan makin kerasa nih tapi gurunya teu2p ada jadwal sampai tanggal 26 Desember...tgl 24 & 25 tgl merah libur dulu...halaaahhh hari kejepit Internasional dan murid2 hari sabtu udah confirm mau dateng les...hahaha...semangat...semangaattt #menyemangati #dirisendiri

Tanggal 24 Des ngasuh ponakan dulu nonton StarWars The Force Awaken....tanggal 26 Desember hari sabtu selesai ngajar...malem2 tiba2 kakak gue ngajak liburan tuh ke Rancabuaya tapi katanya pengen lewat jalur lain...gak mau jalur konvensional..

Akhirnya kita browsing deh...Gue maen2 ke blog org...nemu lah rute ke Rancabuaya...Klo dari Bandung lewat Banjaran kemudian ke Pangalengan Situ Cileunca menuju punggungan bukit Cisewu.

Day 1 (Minggu 27 Desember 2015)

Salah Rute Menghasilkan Perjalanan Yang Indah

Rencana sih mau pergi jam 08.00 pagi tapi sekedar wacana hahaha...akhirnya kita start dari Bandung jam 09.53 setelah isi bensin dulu full tank...kita masuk lewat tol Pasteur diiringi lagu Yura Yunita- Cinta dan Rahasia lanjut lagu Berawal dari tatap...trip dadakan gini sepertinya bakal seru nih..

Sebenernya agak heran nih abis masuk tol Pasteur kemudian masuk ke Nanjung Cimahi terus ke Soreang dan ke Ciwidey....Wah wah gue langsung lihat maps tuh kayanya ini rute malah jauh klo mau ke Rancabuaya....Entahlah kakak gue browsing rute darimana...hahaha...begitu nyampe Ciwidey kita harus putar balik tuh belok ke arah Jl. Cisondari Pasir Jambu Gambung...udah 2 jam perjalanan nih seharusnya udah nyampe Pangalengan klo ngikutin planning gue...tapi gak apa2 lah nikmati aza perjalanan ini...Begitulah hidup tidak selalu sesuai dengan yang kita rencanakan (apa siihhh hahaha)

Sekitar jam 12.00 kita sampe di Perkebunan Kina PT. Chincona....Hijau dan sejuk...karena udah masuk waktu sholat Dzuhur ...cari2 mesjid dulu..ketemu lah dengan mesjid PT. Chincona ini...mesjid kecil warna kuning ...adem dan bersih...selesai sholat kita jalan lagi sambil menyusuri perkebunan teh...untung bawa perbekalan dari rumah...nemu tempat yang nyaman buat makan...ada saung gitu di tengah perkebunan.

Selesai makan kita melanjutkan perjalanan...sampailah di PTPN Nusantara...perkebunan teh yang tertata rapih menghasilkan pemandangan yang begitu indah..kemudian kita masuk ke kawasan hutan Cagar Alam Gunung Tilu ..Hutannya cukup lebat, gelap dan sepi tentunya... Hanya mobil kita yang melintas...jalan selebar 2 meter berbatu dan terjal...di pinggir jalan dihiasi bunga kecubung warna putih yang sedang mekar banyak banget tumbuh di sepanjang jalan hutan ini...begitu juga tanaman paku2an...berjajar pula pohon2 pinus yang disadap getahnya.

Setelah hampir 1.5 jam akhirnya jalan mulai terang...udah mulai keluar kawasan hutan...ada beberapa orang touring sepeda....disebelah kiri ada sekelompok mahasiswa mempersiapkan arung jeram..klo dilihat dari bis yang terparkir sih tertulis UNISBA...ada pula yang sedang bermain paint ball.

Situ Cileunca , Pangalengan

Setelah keluar kawasan hutan kita ke arah kanan ke arah Situ Cileunca. Sayang sekali airnya sedang surut sedikit mengurangi keindahannya. Situ Cileunca ini dibendung pada zaman Belanda sekitar tahun 1919...Menurut cerita bokap gue dulu...Konon yang membendung situ ini adalah eyang Aria Sacanegara / Aria Kusuma uyutnya bokap...atau ayah dari Gandakusumah kakeknya bokap...itu nama belakang gue juga...Katanya situ ini ada unsur mistisnya juga...dibendung dengan "halu" (alat penumbuk padi) dan uang benggol juga seutas tali...Naaahhh gak ngerti kaann? Sama gue juga...wkwkwkwkwk...#gue #anaknya #logikabanget

Punggungan Bukit Cisewu

Karena air Situ Cileunca sedang surut kita memutuskan hanya lewat saja....kita melanjutkan perjalanan ke arah perkebunan teh Cukul ....jalan lewat sini sudah lumayan mulus di Hot mix tapi sangat berkelok2...sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan yang hijau dan indah...Sebenernya ada beberapa curug kecil di sebelah kiri jalan tapi airnya sedang surut...nanti kita ketemu juga blue lagoon...air terjun di sungai Cisewu...cuman kebetulan ada serombongan cowok sedang mandi berendam...Gak jadi deh mau foto blue lagoon ini...ntar disangka stalker wkwkkwk...Nanti kita akan ketemu dengan penunjuk arah...arah ke kiri ke bungbulang...nah arah ke kanan ke Rancabuaya...

Sekitar jam setengah 5 sore kita menuruni bukit atau beberapa Km dari pantai...waaahh garis pantai udah kelihatan...indah banget...jam 5 sore sampailah kita di Rancabuaya.

Sunset Rancabuaya

Sampailah kita di Rancabuaya tiket masuk per orang Rp. 5000 ...karena waktu udah sore, kita langsung cari penginapan. Ada Villa Jaya Sakti 1, 2, 3 . Kita pilih Villa Jaya Sakti 2 karena posisinya di tengah tepat menghadap laut lepas..Villanya bersih masih seperti bangunan baru dan rate per malamnya termasuk murah..Rp. 300rb naah karena kita pake 2 kamar kita tawar tuh...jadi 2 kamar Rp. 500rb...hehehe...kamarnya cukup luas ada single bed large ada twin bed...Klo kamu datang rombongan sih lebih enak pilih bangunan yang paling depan karena harus booking 6 kamar sekaligus klo pake lantai atas atau 4 kamar lantai bawah. Setelah check in kita jalan2 nih ke pantai...pantai di depan penginapan penuh dengan perahu2 yang baru aza berlabuh jadi area pasir pantai agak sempit...kita jalan lagi ke sebelah kiri penginapan...hanya beberapa meter dari situ ada tempat pelelangan ikan.

Sore itu cukup rame pengunjung yang datang...Mereka masih asyik bermain2 di pantai sambil menunggu sunset...View pantai Rancabuaya bagus banget tapi sayang di pinggir2 pantai ada beberapa tumpukan sampah sore itu jd kurang nyaman karena bau juga.

Alhamdulillah dapat pemandangan sunset juga akhirnya...Gak lama2 di pantai karena udah waktunya sholat maghrib...yuk.kembali ke penginapan...Recharge tenaga buat besok...

Day 2 (Minggu 28 Desember 2015)

Lobster dan tubeing di Pantai Cidora

Tadinya pengen lihat view sunrise tapi dari semalam hujannya deras banget bahkan sampai pagi2...akhirnya cuman nongkrong2 aza depan kamar sambil ngopi2 cantik..Jam 7.00 pagi kita check out baru beberapa meter jalan di sebelah.kiri ada gapura bertuliskan "Pantai Cidora" ...jalannya kecil hanya cukup 1 mobil...agak ragu karena seperti mau masuk pekarangan rumah orang...tapi ternyata ada perumahan penduduk..View pantai yang bagus dengan batuan2 besar...Ngemil2 gorengan dulu di warung.

Belasan meter di depan nampak aktivitas yang cukup menarik, beberapa orang mengenakan rompi pelampung kemudian tubeing (ban dalam) mendayung ke tengah laut....sepertinya permainan baru deh.

Gue deketin...akhirnya tanya2....eehhh ternyata mereka nelayan lho dan gak lagi maen2 juga...Mereka mempersiapkan jaring+tubeing (ban dalam) yang dililit tambang plastik kecil hingga membentuk lonjong seperti perahu...kemudian dua buah piring plastik diikat tali digunakan sebagai dayung digerakkan dengan kedua tangan.  Mereka tidak mempergunakan perahu karena menurut mereka perahu mahal...belum biaya solar...juga pajak...Gue beli 1kg lobster...tapi kata si bapak nelayan harus ke bandarnya langsung....bandarnya ada disitu juga nunggu di pinggir pantai...harga 1Kg lobster 100rb...termasuk murah....stock lobsternya kurang...kemudian bapak nelayan itu naek tubing lagi ke tengah laut sampai 3 putaran...waaahh....untuk harga lobster 100rb...mereka taruhannya nyawa yaaa...malu klo masih nawar ya hehehe...kita di Bandung uang 100rb paling cukup buat kopi dan donuts...setelah mengantongi 1kg lobster dan ditambahin lho...banyak banget tambahan lobsternya...hehehe....kita menuju Pantai Santolo.

Pantai Santolo dan Sayangheulang

Keluar dari kawasan Rancabuaya kita ambil jalan ke kanan ke Jalan Cilaut Eureun....sepanjang jalan ini kita disuguhi pemandangan yang luar biasa...sejauh 27 Km sebelah kanan jalan kita akan menyusuri garis pantai...perbukitan dan persawahan...pertama kita akan ketemu jembatan Cipancong..kemudian jembatan Cikaso dan banyak jembatan2 lainnya yang masing2 dinamai sama seperti sungai yang bermuara kemudian mengalir ke laut..

Sekitar jam 09.00 sampailah kita di Pantai Santolo...karena masih pagi ombaknya masih cukup besar...tidak menyurutkan untuk bermain2 di pantai walaupun cuman dipinggiran...gak kerasa hampir 2 jam lebih seru2an...setelah mandi kita lanjut beli baju2 di toko oleh2..

Kita melanjutkan perjalanan ke pantai Sayangheulang yang jaraknya gak terlalu jauh dari Pantai Santolo...tapi karena udah masuk jam makan siang dan udah kecapean juga kita cuman lewat aza ke pantai sayangheulang...Akhirnya kita memutuskan untuk pulang lewat jalur konvensional yaitu lewat pameungpeuk...Cikajang...kemudian Garut...sebelum melanjutkan perjalanan pulang kita istirahat dulu di Rumah Makan Cilaut Eureun...rumah makan lesehan dengan view persawahan..kenyang...kenyaaangg...hehehe...

Gak kerasa sekitar jam 4 kita udah nyampe nagreg...istirahat dulu...laper juga...tapi disini kebanyakan yang jualan baso...karena gue gak suka baso...akhirnya gue pesen mie baso tanpa baso...hahahaha...aneh emang...tp yang penting perut keisi...

Alhamdulillah Family Road Trip berjalan lancar...jam setengah 6 sore kita udah nyampe Bandung lagi....Yeaaayyy seruu...❤❤❤